Perhatikan Body Kit dan Suspensi
Akhir-akhir
ini hujan mengguyur kota dengan frekuensi yang tinggi disertai volume yang
besar. Banjir terjadi dimana-dimana, tak terkecuali jalan protokol. Maka dari
itu, bagi kalian yang telah memodifikasi sang gacoan juga harus berhati-hati.
Banyak hal yang harus diperhatikan agar beberapa part tidak aus.
Bila memperhatikan kondisi kota akhir-akhir ini memang
cukup merepotkan. Apalagi bagi para maniak modif. Otomatis beberapa part sudah
tidak orisinal lagi, demikian juga pada beberapa fungsionalnya. Bila tidak
hati-hati dalam menghadapi banjir, maka beberapa bagian penting dari part
modifikasi bisa rusak. Terutama pada mobil sedan yang sasisnya tergolong rendah
atau ceper. Apalagi pemasangan body kit juga semakin memperpendek jarak bodi
mobil dengan tanah. Dan bila mobil tersebut terjebak banjir mendadak,
maka stabilisasi part body kit atau suspensi rawan goyah dan aus .
Menurut Tat Cien dari Metropolis Autosport, ada dua bagian vital yang harus
benar-benar diperhatikan ketika banjir menghadang. Yaitu Body kit dan
suspensi. Kita ulas bagian Body kit terlebih dahulu. Body kit sendiri juga
terdapat dua aspek, yaitu body kit full bumper dan addon.
Pertama adalah bumper belakang. Kebanyakan para modifier agak meremehkan saat
melakukan penggantian bumper orisinal dengan bumper custom. Mereka terkadang
tidak mengganti pangkon bumper sekalian. Apalagi bila pangkon tersebut tipis
dan rapuh. Jika dipasangkan bumper custom, yang ditakutkan bumper tersebut
mudah retak bahkan goyah ketika terseret arus banjir dan terkena getaran.
Jadi bila kita ingin mengganti bumper orisinal, lebih baik pangkon bumper
tersebut juga ikut dilepas dan digantikan oleh pangkon modifikasi. Lalu sebelum
pangkon di pasang, daerah alas bumper harus diolesi dengan resin plus karbon
agar rekatan semakin kuat. Lalu setelah itu baru dilakukan pengeboran untuk
memasang pangkon modifikasi.
Lalu pada side kirt yang tergolong addon. Body kit samping ini yang paling rentan goyah
ketika terkena getaran maupun banjir. Karena hanya mengandalkan perekat double
tip dan baut pada tiap sisi. Namun ada satu faktor lagi yang bisa menambah
kekuatan rekatan body kit samping ini, yaitu dengan menggunakan silikon.
Silikon ini di oleskan di seluruh bagian yang akan ditempeli side kirt,
lalutiap celahnya baru dilapisi double tip plus pemasangan baut di tiap
ujung body kit. Tiap kali melewati banjir lebih baik langsung cek posisi baut body
kit samping. Bila terasa tidak stabil ketika di goyangkan dengan tangan,
berarti baut tersebut harus dikencangkan atau diperbarui.
Lalu kemudian masalah suspensi. Biasanya modifier selalu memotong per sasis
agar terlihat lebih ceper. Saat kondisi musim hujan seperti ini, lebih baik
kondisi per dikembalikan seperti semula. Agar bodi mobil tak terlalu tenggelam
ketika banjir.
Jika mengggunakan air suspension, usahakan suspensi tersebut berada pada
posisi tekanan (psi) standar. Jangan memaksakan penggunaan tekanan (psi)
dibawah standar dalam kondisi melewati banjir. Satu lagi, bila setiap kali
mobil digunakan dalam banjir, diharapkan segera membersihkan sill klep di
sekitar shock dan balon. Karena bila ada kotoran atau lumpur yang mengendap di
sill klep tersebut, lama kelamaan suspensi tersebut akan aus, bahkan jebol.
0 Responses so far.
Posting Komentar