Kamis, 22 Desember 2011 at 2:22:00 PM Posted By : Intensicorei7™ 0 Comments

Perhatikan Body Kit dan Suspensi



Akhir-akhir ini hujan mengguyur kota dengan frekuensi yang tinggi disertai volume yang besar. Banjir terjadi dimana-dimana, tak terkecuali jalan protokol. Maka dari itu, bagi kalian yang telah memodifikasi sang gacoan juga harus berhati-hati. Banyak hal yang harus diperhatikan agar beberapa part tidak aus.

            Bila memperhatikan kondisi kota akhir-akhir ini memang cukup merepotkan. Apalagi bagi para maniak modif. Otomatis beberapa part sudah tidak orisinal lagi, demikian juga pada beberapa fungsionalnya. Bila tidak hati-hati dalam menghadapi banjir, maka beberapa bagian penting dari part modifikasi bisa rusak. Terutama pada mobil sedan yang sasisnya tergolong rendah atau ceper. Apalagi pemasangan body kit juga semakin memperpendek jarak bodi  mobil dengan tanah. Dan bila mobil tersebut terjebak banjir mendadak, maka stabilisasi part body kit atau suspensi rawan goyah dan aus .
            Menurut Tat Cien dari Metropolis Autosport, ada dua bagian vital yang harus benar-benar diperhatikan ketika banjir menghadang. Yaitu Body kit dan suspensi. Kita ulas bagian Body kit terlebih dahulu. Body kit sendiri juga terdapat dua aspek, yaitu body kit full bumper dan addon.
            Pertama adalah bumper belakang. Kebanyakan para modifier agak meremehkan saat melakukan penggantian bumper orisinal dengan bumper custom. Mereka terkadang tidak mengganti pangkon bumper sekalian. Apalagi bila pangkon tersebut tipis dan rapuh. Jika dipasangkan bumper custom, yang ditakutkan bumper tersebut mudah retak bahkan goyah ketika terseret arus banjir dan terkena getaran.
            Jadi bila kita ingin mengganti bumper orisinal, lebih baik pangkon bumper tersebut juga ikut dilepas dan digantikan oleh pangkon modifikasi. Lalu sebelum pangkon di pasang, daerah alas bumper harus diolesi dengan resin plus karbon agar rekatan semakin kuat. Lalu setelah itu baru dilakukan pengeboran untuk memasang pangkon modifikasi.
            Lalu pada side kirt yang tergolong addon. Body kit samping ini yang paling rentan goyah ketika terkena getaran maupun banjir. Karena hanya mengandalkan perekat double tip dan baut pada tiap sisi. Namun ada satu faktor lagi yang bisa menambah kekuatan rekatan body kit samping ini, yaitu dengan menggunakan silikon. Silikon ini di oleskan di seluruh bagian yang akan ditempeli side kirt, lalutiap celahnya baru dilapisi double tip plus pemasangan baut di tiap ujung body kit. Tiap kali melewati banjir lebih baik langsung cek posisi baut body kit samping. Bila terasa tidak stabil ketika di goyangkan dengan tangan, berarti baut tersebut harus dikencangkan atau diperbarui.
            Lalu kemudian masalah suspensi. Biasanya modifier selalu memotong per sasis agar terlihat lebih ceper. Saat kondisi musim hujan seperti ini, lebih baik kondisi per dikembalikan seperti semula. Agar bodi mobil tak terlalu tenggelam ketika banjir.
            Jika mengggunakan air suspension, usahakan suspensi tersebut berada pada posisi tekanan (psi) standar. Jangan memaksakan penggunaan tekanan (psi) dibawah standar dalam kondisi melewati banjir. Satu lagi, bila setiap kali mobil digunakan dalam banjir, diharapkan segera membersihkan sill klep di sekitar shock dan balon. Karena bila ada kotoran atau lumpur yang mengendap di sill klep tersebut, lama kelamaan suspensi tersebut akan aus, bahkan jebol.

0 Responses so far.

Posting Komentar