Kamis, 22 Desember 2011 at 3:49:00 PM Posted By : Intensicorei7™ 0 Comments

Perkembangan Pesawat Siluman



Pesawat siluman atau yang biasa disebut stealth aircraft merupakan sebuah teknologi canggih yang digagas pertama kali oleh seorang ilmuwan Rusia, DR. Pyotr Ufimtsev. Pada awalnya adalah ketika ia mengeluarkan sebuah teori Fisik Difraksi. Metode yang dijelaskan adalah bertujuan untuk melumpuhkan radar. Pada tahun 1979 Rusia akhirnya membuat dan mengimplementasikan sistem ini kedalamnya. Hasilnya pun memuaskan. Pesawat uji coba pertama rusia ini mampu mengecoh radar anti pesawat di Nevada, Amerika Serikat.

Hebatnya Amerika, sistem ini pun bocor dan pihak Amerika Serikat pun dapat mengetahui sistem siluman ini. pada tahun 1976 Amerika terus mempelajari sistem baru ini hingga akhirnya mereka dapat bersaing dengan Russia.

Prinsip kerja sistem ini adalah terletak pada RCS atau Radar Cross Section. Dimana sebuah pesawat akan dapat tak terdeteksi ketika dapat mengecilkan frekuesnsi Rada Cross Section ini. Caranya adalah dengan membuat bentuk pesawat yang dapat memantulkan energi antena radar yang mendeteksi pesawat. Tetapi pemantulan tersebut juga tidak sembarangan. Pemantulan kembali energi ini harus kearah benda yang sesuai karena jika terdeteksi pun persentasenya kecil dan dianggap bukan sebuah bahaya.

Hingga sekarang, teknologi siluman ini terus dikembangkan.

Sekian deh :D

sumber : google.com

0 Responses so far.

Posting Komentar