Rabu, 21 Desember 2011 at 12:52:00 PM Posted By : Intensicorei7™ 0 Comments

Akankah Ledakkan Supernova Mencapai Bumi ?




Supernova 1987A adalah merupakan ledakan bintang terdekat yang dapat dilihat di zaman modern. Kejadian ini terjadi di Large Magellanic Cloud, sebuah galaksi kecil yang mengorbit Bima Sakti. Seperti yang kita tau bahwa ledakan sebuah supernova terjadi sangat lama dan memiliki dampak ledakkan yang luas. Sebagian orang beranggapan bahwa ledakan ini nantinya akan memberikan dampaknya ke Bumi pada tahun 2012.

Pernyataan ini keliru, para astronom NASA mengatakan bahwa dampak ledakkan ini tidak akan sampai membahayakan Bumi. Faktanya, setidaknya satu atau dua supernova meledak setiap satu abad di Bumi. Namun hal ini tidak membahayakan selama ledakan ini terjadi kurang dari 50 tahun cahaya. Jadi, sebuah ledakkan supernova akan mempengaruhi Bumi ketika ledakan ini hanya terjadi sekitar 50 tahun cahaya.

Setiap terjadi ledakkan supernova, masalah radiasi sinar X dan sinar Gamma memang menjadi masalah yang serius. Betapa tidak ? Jika sebuah supernova nantinya mampu mencapai efeknya ke Bumi, dapat dipastikan Bui akan mengalami masalah Ozon. Seperti yang kita ketahui, lapisan ozon kita sudah mulai menipis. Dampak terburuk ketika kita kehilangan lapisan ozon, organisme yang ada di Bumi akan musnah serta perubahan produksi oksigen akan semakin menurun.

Para Astronot memperkirakan, bahwa ledakkan sinar gamma baru akan mempengaruhi Bumi jika hal ini terjadi pada 10.000 tahun cahaya dengan masing-masing dipisahkan oleh sekitar 15 juta tahun. Dalam catatan sejarah yang pernah ada GRB 031203 terjadi sekitar 1,3 Miliar tahun cahaya.

Berdasarkan penjelasan diatasm planet kita mungkin dalam sejarahnya memang sudah mengalami peristiwa ini. Namun bukan berarti dampak yang lebih besar terjadi dalam waktu dekat, apalagi pada bulan Desember 2012.

sumber :http://www.nasa.gov

0 Responses so far.

Posting Komentar