Senin, 19 Desember 2011 at 2:31:00 AM Posted By : Intensicorei7™ 0 Comments


Lagi... Bahas hal aneh nan seru... hehe...
Buat kalian para cowo, pasti tau kan game Assasin Creed ? Hm... pasti tau semua dong...
Berhubung saya kebingungan mencari bahan Blog, saya langsung ganti screen saya dengan game Assasin Creed 2. Jalanin misi... Eh yang muncul codex-codex dan codex. Kenapa harus ngumpulin piece codex ?
Karena penasaran, saya langsung googling deh mengenai codex. Berikut ulasannya.

Codex, Kitab Suci Sang Pemuja Setan


Codex Gigas, atau yang berarti "Buku Besar" adalah merupakan manuskrip abad pertengahan terbesar di dunia. Buku ini dibuat pada abad ke-13 di biara ordo benediktus yang terletak di Podlazice, Bohemia. Codex Gigas juga sering disebut sebagai Alkitab Iblis atau Kitab Suci Setan. Penamaan tersebut berdasarkan pada legenda penciptaan setan dan gambar ilustrasi yang terdapat dalam buku tersebut.

Menurut legenda, codex ini dibuat oleh seorang biarawan yang melanggar aturan biara. Biarawan ini dihukum dengan hukuman diikat di tembok dengan posisi berdiri. Agar terbebas dari hukuman ini, ia berjanji untuk membuat sebuah buku yang tujuannya agar dapat memuliakan biara dan memberikan pengetahuan kepada seluruh umat di dunia selamanya.

Menjelang tengah malam dalam proses pembuatannya, ia merasa ragu untuk dapat menyelesaikannya. Pada akhirnya ia memutuskan untuk menjual jiwanya demi sebuah pertolongan dari iblis. Berkat pertolongan dari iblis tersebut, ia dapat menyelesaikan buku yang dibuatnya ini. Sebagai tanda penghormatan terhadap iblis ini, sang biarawan menambahkan gambar iblis tersebut dalam manuskrip yang ia buat.



Isi codex adalah mengenai sejarah, etimologi dan fisiologi. Codex ini ditulis dalam bahasa Latin. Manuskrip ini ditulis diatas kulit anak sapi yang berjumlah 160 ekor. Jumlah lembaran dalam codex ini adalah sebanyak 320 lembar naskah. Namun terdapat 8 lembar naskah yang dibuang dari codex tersebut. Diduga 8 lembaran yang dibuang ini berisikan aturan-aturan biara ordo benediktus. Pada halaman ke 290, terdapat gambar iblis setinggi 50 cm dan beberapa lembaran sebelum halaman 290 ini nampak menghitam dan terkesan berbeda dibanding dengan lembaran-lembaran codex yang lainnya.

sumber : wikipedia.org, google.com

0 Responses so far.

Posting Komentar