Jumat, 16 Desember 2011 at 6:52:00 AM Posted By : Intensicorei7™ 2 Comments

Seri B sudah, Seri C juga sudah... Sekarang saatnya Seri D... Hm... Pastinya gak sabar nih nunggu pembahasan yang satu ini... hehe... Gak pake lama langsung brangkat... Tooth Tooth... hoho... :D


C. Lokomotif Uap Seri D

1. D 1107

Pertama untuk seri D adalah Lokomotif D 1107. Lokomotif ini memiliki daya mesin 340 Hp (Horse Power). Kecepatan Maksimum 50km/jam. Lokomotif ini diproduksi oleh Fried Krupp-Jerman.

2. D 5011

Selanjutnya di seri D ini ada Lokomotif D 5011. Lokomotif ini hampir sama dengan D 1107 yakni memiliki daya mesin 340 Hp (Horse Power). Kecepatan Maksimum 50km/jam. Lokomotif ini juga merupakan produksi dari Fried Krupp-Jerman.

3. D 1410

Lokomotif selanjutnya adalah D 1410. Lokomotif uap ini diimpor oleh SS (Staats Spoorwegen) produksi Hanomag Hannover-Jerman pada tahun 1921. Dulu lokomotif ini bertugas di jalur pegunungan Purwakarta-Padalarang-Cianjur.

4. D 52099

Terakhir di seri D adalah D 52099. Lokomotif Uap Mikado, merupakan lokomotif uap termodern dan terbanyak di Indonesia. Diimpor oleh DKA (Djawatan Kereta Api) pada tahun 1950. Lokomotif ini merupakan produksi Fried Krupp Essen-Jerman. Dulunya kereta ini adalah kereta andalan yang berdinas lintas Jakarta-Surabaya.


Nah... Semua pembahasan tentang kereta uap beakhir disini... Cukup sekian dan terima kasih... Lain kali up date lagi deh... hehe... bye..

sumber : 
Locomotive Qwartet Seri 1, picture by : google.com

2 Responses so far.

  1. Isinya tentang kereta api semua..
    Mau jd masinis ya mas?Hhehehe :P

    dont forget visit : sondangstevani.blogspot.com

  2. Haha... nda mbak.. pengennya jadi gerbong... haha...

Posting Komentar