Selasa, 20 Desember 2011 at 7:58:00 PM Posted By : Intensicorei7™ 0 Comments

Googling-googling gak jelas dapet gambar-gambar Densus 88, padahal niatnya mau cari yang rahasia-rahasiaan gitu seperti FBI atau CIA. Yaudah deh, gimana kalo bahas S.W.A.T plus Densus 88 ? Langsung aja deh.. yuk..

S.W.A.T
S.W.A.T (Special Weapons And Tactics), siapa yang gak tau tim pramiliter dari Amrik ini ? Pasti sudah tau dong. Biasa di film-film sering muncul kok. hehe.. Tim ini adalah tim khusus yang dilatih khusus untuk melakukan operasi khusus dan beresiko tinggi. Contohnya seperti penyelamatan sandera, misi penangkapan dan penggeledahan sampai pada Terorisme.

Sebuah tim SWAT biasanya dilengkapi dengan senjata api khusus yang terdiri dari beberapa pembagian. Ada Hand Gun(Pistol), Sub Maschine Gun (senapan mesin ringan), Carbine, Grenade dan Sniper untuk misi penembakan tepat sasaran.

Selain peralatan menyerang, tim SWAT juga dilengkapi dengan berbagai macam perlindungan. Seperti Heavy Body Armor, Alat Penyadap, Kendaraan Lapis Baja, Night Vision bahkan ada Detektor Gerakan yang dapan menentukan posisi sandera atau ketika misi penyanderaan struktur tertutup.

Tim SWAT pertama kali dibentuk pada Departemen Kepolisisan Los Angeles pada tahun 1968. Sejak saat itu, banyak departemen polisi Amerika di daerah lain yang ikut membentuk tim yang memiliki nama masing-masing.

Begitulah sedikit tentang SWAT, kita lanjut ke Dalam Negeri dengan DENSUS 88.


DENSUS 88

Detasemen Khusus 88 atau yang biasa disebut Densus 88 adalah pasukan khusus Kepolisian Negara Republik Indonesia yang berfungsi untuk penanggulangan terorisme yang marak di Indonesia. Pasukan khusus ini dilatih langsung oleh instruktur dari CIA, FBI dan US Secret Service. Tim ini dilatih untuk menangani segala macam teror, termasuk teror bom. Sebagian anggota tim densus juga merupakan anggota tim Gegana.

Dalam tim ini diperkirakan ada sekitar 400 personel yang terdiri dari beberapa bagian yakni, ahli investigasi, ahli peledak atau penjinak bom serta unit pemukul yang didalamnya juga terdapat ahli penembak jitu. Tim ini dilengkapi dengan berbagai macam senjata dan perlengkapan seperti Colt M4, Sniper Armalite AR-10 dam Shotgun Remington 870. Tak hanya itu, kendaraan khusus pun ada untuk mobilitas operasi, bahkan kabarnya Densus 88 memiliki pesawat C-130 Hercules sendiri untuk kelancaran mobilitas.

Aneh gak sih Indonesia bisa menyamai Amerika ? Ini Faktanya...

Faktanya, tim Densus 88 merupakan tim khusus yang dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat melalui bagian Jasa Keamanan Diplomatik (Diplomatic Security Service). Satuan khusus 88 ini diresmikan oleh Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Firman Gani pada tanggal 26 Agustus 2004. pada awalanya jumlah anggota Densus 88 hanya 75 orang.

Latar belakang penamaan 88 pada Densus 88 adalah berasal dari kata ATA ( Anti Terror Act ), yakni sebuah undang-undang anti teror US yang jika dilafalkan dalam bahasa inggris berbunyi "Ei Ti Ekt" terdengar seperti "Eighty Eight (88)". Begitulah sejarahnya..

Hm.. sepertinya cukup... lanjut lain kali yah... bye...


sumber : Google.com/Densus 88

0 Responses so far.

Posting Komentar