Senin, 11 Juni 2012 at 9:15:00 PM Posted By : Intensicorei7™ 0 Comments

Berikut akan dijelaskan beberapa konsep dasar Sistem Informasi berbasis Komputer.

Konsep Sistem
          Sistem adalah kumpulan dari beberapa elemen atau komponen yang saling mendukung dalam mencapai sebuah tujuan. Komponen-komponen yang terdapat dalam sistem diantaranya adalah Input, Proses, Output dan Feedback.

         Contoh : Konsep sistem yang ada pada mesin ATM, Input-nya adalah kartu ATM dan kode pin yang kita bawa dan pilihan menu yang kita pilih. Berlanjut ke proses transaksi yang dilakukan. Output berupa informasi transaksi. Feedback terhadap pihak bank untuk mengubah saldo atas transaksi kita sehingga ketika kita melakukan transaksi lagi nanti akan mendapat nilai uang kita sesuai dengan nilai terakhir.

Computer-based Information System (CBIS) 
          Sistem Informasi berbasis Komputer dapat diartikan seperti sebuah kumpulan dari hardware, software, databases, telekomunikasi, user/people dan prosedure dalam mengumpulkan, memanipulasi, menyimpan dan memproses data kedalam informasi. Sistem ini bekerja membentuk sistem yang berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Transaction Processing System (TPS)
       Transaction, memiliki pengertian yang berhubungan dengan segala bentuk transaksi dalam bisnis. Seperti pembayaran gaji karyawan, penjualan kepada customer maupun transaksi atau pembayaran dengan supplier.
Transaction Processing System sendiri memiliki arti yaitu sebuah kumpulan dari user/people, prosedur, software, databases dan device yang terorganisir dalam pencatatan secara lengkap transaksi bisnis yang ada pada organisasi maupun perusahaan.

Management Information System (MIS)
        Fokus utama dari MIS adalah pada aspek efisiensi operasional. Definisi dari MIS sendiri adalah kumpulan user/people, prosedur, software, database dan device terkait yang terorganisir untuk menyediakan informasi kepada manajer dan pengambil keputusan. Fokus MIS adalah pada pembuatan setiap laporan dari database yang ada.

 Input dari Management Information System :
    Internal data sources
  • Database dari Transaction Processing System (TPS) dan sistem ERP serta database lain yang terkait.
  • Data warehouse dan data mart, yakni data yang didesain khusus untuk pengerjaan proses query, membuat laporan dan analisa.
  • Data spesifik lain
   Eksternal data sources
  • Database pelanggan, supplier, pesaing dan pemegang saham yang datanya belum terdapat dalam TPS
  • Internet
  • Extranets
Output dari Management Information System :
  • Scheduled Report, yakni laporan yang dibuat dalam jangka waktu tertentu dan telah terjadwal seperti laporan harian, mingguan ataupun bulanan.
  • Demand Report, yakni laporan yang akan dibuat dan diberikan apabila ada seseorang yang berwenang meminta laporan tersebut.
  • Exception report, laporan yang dibuat apabila terjadi situasi yang tidak biasa dan membutuhkan perlakuan khusus.
  • Drill-down reports, laporan yang mendetil.
Decision Support Systems (DSS)
          Fokus utama dari DSS adalah pada aspek pengambilan keputusan beserta efektifitasnya. DSS sendiri memiliki definisi sebagai sebuah kumpulan dari user/people, procedure, software, databases dan device terkait yang terorganisir untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.

Tujuan DSS :
  • Membantu manajer atau decision maker dalam mengambil keputusan untuk memecahkan masalah semi struktur
  • Meningkatkan efektifitas penilaian manajer dalam mengambil keputusan.
  • Mendukung penilaian manajer dengan tidak mengambil posisi dan wewenang manajer.
Tahap-tahap Problem Solving :
  1.  Intelligence stage, permasalahan dan peluang yang ada diidentifikasi dan didefinisikan
  2. Design stage, pengembangan solusi dan alternatif solusi
  3. Choice stage, memilih solusi yang dianggap paling efektif
  4. Implementation, melaksanakan pilihan solusi
  5. Monitoring, memantau solusi yang telah dijalankan, apabila belum optimal maka dapat beralih ke alternatif solusi yang telah di buat.

sumber : Principles of Information Systems, Eight Edition

0 Responses so far.

Posting Komentar