Minggu, 16 Oktober 2011 at 9:54:00 AM Posted By : Intensicorei7™ 1 Comment

Sebelum belajar lebih mendalam, seperti biasanya kita harus memulai untuk mengerti sejarahnya. hehe...
Langsung aja deh kalo begitu... Mari belajar...

Kriptografi

Kriptografi adalah suatu proses komunikasi dengan menggunakan kode atau pesan rahasia dengan cara pengacakan maupun perahasiaan penulisan.
Kriptografi berasal dari kata kriptos yang berarti rahasia dan Grapos yang berarti tulisan. Sehingga Kriptografi dapat kita artikan sebagai suatu tulisan rahasia.

Dasar kriptografi mencakup 3 hal, yakni :

1. Steganography,
merupakan sistem kriptografi kuno. Tekniknya adalah dengan menyembunyikan kondisi fisik pesan. Karena sistemnya yang masih dapat dikatakan sederhana dan mudah terungkap, sehingga sudah jarang digunakan.

2. Code,
merupakan sistem kriptografi lanjutan. Teknik ini lebih menjajikan keamanan, namun penggunaannya sangat tidak mudah. Untuk memahami isi pesan kita memerlukan buku kode. Selain itu seringkali dilakukan pergantian kode secara berkala. Sehingga efisiensi waktu sulit dicapai.

3. Chipher,
merupakan sistem kriptografi terpenting. Teknik ini bekerja untuk meng-encrypt pesan yang diterma untuk selanjutnya akan ada proses Decrypt dan menjadi pesan lagi. Sifat penggunaan lebih mudah dan cepat, selain itu dapat dikatakan lebih aman dan terjaga.

Demikian deskripsi singkat mengenai Kriptografi.
Bersambung....

#1

1 Response so far.

  1. Nice.. haha

Posting Komentar